SMAGA – Berseragam Pramuka lengkap, Rafi dan Amri, 2 siswa SMAGA dengan penuh semangat mengikuti pelepasan kontingen Raimuna Nasional XII 2023, di Pendopo Taman Budaya Kab. Kulon Progo (2/8/23). 

Rafi merupakan salah satu siswa berprestasi dari kelas XII MIPA 2 dan Amri merupakan siswa dari kelas XII IPS 1 – SMAGA. 

Keaktifannya dalam dunia kepramukaan mengantarkannya menjadi salah satu kontingen yang mewakili kabupaten Kulon Progo DIY pada kegiatan Raimuna Nasional XII 2023. 

Untuk menjadi kontingen tentunya tidak mudah karena harus melewati berbagai macam seleksi.

Secara resmi, Rafi menjadi wakil dari SMAGA sedangkan Amri menjadi wakil dari SAKA Bhayangkara.

Menurut Pak Hakim, S.Or., selaku pembina Pramuka SMAGA menjelaskan bahwa kegiatan Raimuna Nasional ini merupakan pesta Pramuka tingkat Penegak/SMA se Indonesia. “Jadi ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga baik bagi para peserta maupun bagi adik-adik kelas yang kedepannya bisa melanjutkan prestasi ini” pungkasnya. 

Bersama dengan beberapa peserta dari sekolah lain, Rafi, Amri dan kawan-kawan siap mengikuti pelepasan di Pendopo Taman Budaya, Kulon Progo. 

Adapun Kontingen Raimuna Nasional XII 2023 perwakilan cabang Kab. Kulon Progo ini secara langsung dilepas oleh PJ. Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T. dan diserahkan kepada pimpinan kontingen cabang. 

Kegiatan pelepasan Raimuna Nasional XII 2023 juga dihadiri para tamu undangan. Adapun diantaranya adalah kehadiran para orang tua peserta kontingen cabang Kulon Progo. 

Disela acara, para peserta kontingen juga menampilkan beberapa pentas seni pertunjukan sebelum penyerahan Pataka oleh PJ Bupati Kulon Progo kepada pimpinan kontingen cabang. 

Di akhir kegiatan, tampak atribut kontingen cabang Kulon Progo telah dikenakan para peserta. Kontingen siap melaksanakan tugasnya di Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang akan diselenggarakan pada 14 – 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Dengan adanya wakil siswa SMAGA dikancah nasional di Raimuna Nasional diharapkan dapat membawa nama baik kabupaten Kulon Progo pada umumnya dan mengharumkan nama baik SMAGA pada khususnya. 

“Semoga Kak Rafi dan Kak Amri bisa memberi motivasi pada siswa yg lain untuk semangat¬† berprestasi serta aktif mengikuti kegiatan kegiatan sekolah maupun kegiatan positif yg diadakan oleh suatu instansi dan sejenis, salah satunya kegiatan yang diadakan oleh Kwartir ranting sampai Kwartir Nasional Gerakan pramuka” ungkap Ibu Kepala SMAN 1 Galur, Dra. Lestari Asih Pratiwi.

_ASH_